
Friday, February 3, 2017
at
4:37 AM
|
Basic
call procedure adalah prosedur dasar sales force pada saat kunjungan ke outlet.
Dimana langkah-langkahnya sudah di susun sesuai tahapan yang nantinya akan
memberikan hasil yang optimal.
Berikut langkahnya :
- Persiapan
- Pembukaan
- Periksa Outlet
- Mechandising
- Penagihan
- Presentasi Produk
- Merekomendasikan Order
- Penutup
Persiapan
Langka pertama adalah mempersiapkan segala sesuatu yang akan dicapai hari itu sebelum kunjungan outlet, seperti :
- Target Sales, Rencana Kunjungan sesuai permanent journey plan.
- Lembar Kerja: Form CRC, Nota dll.
- Promo Matrial, product gimmick.
- Kesiapan kendaraan.
- Brefing pagi dengan Supervisor/Manager
Pembukaan
Aktifitas pada
saat datang ke outlet adalah memberi salam pembukaan selamat pagi/selamat
siang/selamat sore akan lebih baik
menyebut nama pemilik outlet atau penjaga outlet tujuannya membangun
ketertarikan.
Periksa Outlet
Aktifitas
ini adalah memeriksa dan mencatat data kedalam kartu Customer Record Card
(CRC) seperti stock outlet, harga, penjualan
seles force ke outet (Sell In), penjualan outlet ke end user ( Sell Out)
Merchandising
Aktifitas merchandising bertujuan untuk meningkatkan visibility produk dan
promo material terpasang di outlet meliputi ;- Pemajangan produk (display)
- Peningkatan dominasi produk di rak (shelf of share)
- Pemasangan material promosi
Penagihan
Aktifitas
penagihan ke outlet.
Presentasi Produk
Melakukan presentasi produk dan atau program penjualan yang sedang berjalan, mulai dari frontliner (penjaga toko) hingga pemilik outlet. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan produk yg dijual sehingga mereka bisa menjadi agent penjualan yang baik.
Merekomendasikan Order
Berdasarkan
hasil periksa outlet, sales force dapat menganalisa kebutuhan outlet tersebut
sehingga sales force dapat merekomendasikan produk apa saja harus ditawarkan.
Penutup
Menyampaikan ucapan terima kasih atas
kepercayaan outlet membantu menjual produk kita dan penekanan pada rencana kunjungan
berikut.
Evaluasi di kantor
Aktifitas terakhir adalah evaluasi, yaitu meliputi :
- Rekap piutang dan order
- Setoran hasil tagihan dan konfirmasi piutang tertagih ke inkaso.
- Menghitung stock dan melakukan estimasi untuk keperluan penjualan esok hari.
- Laporan dinding Real Call (jumlah kunjungan), Eff Call (outlet melakukan transaski ) & SKU ( Total SKU yang terjual).
- Menurunkan bad stock ke gudang return.
Posted by
Shanto
Labels:
Sales & Distribution
0 comments:
Post a Comment