Wednesday, February 8, 2017 at 6:04 AM |

1. Administrasi.
    Administrasi mengurus data-data gudang seperti data pemesanan barang, data persediaan, data pengeluaran barang, data permintaan barang, pemilihan kendaraan sesuai jadwal area pengiriman, volume & weight kendaraan.

2. Penerimaan Barang (Receiving).  
    Kegiatan penerimaan barang, Memeriksa kesesuaian dengan daftar pengirimana barang (Packing List), penurunan barang dari kendaraan pengirim (Uploading), bukti tanda barang diterima nanti untuk penagihan, check Expired dan memastikan kualitas barang kemudian memberikan keputusan barang di tolak atau di terima dengan syarat.
  
3. Put-way.
    Kegiatan penempatan barang dari lokasi receiving ke lokasi penempatan inventory, bisa dilakukan dengan manual atau dengan forklift.

4. Storage (Penyimpanan).
    Adalah tempat penyimpanan barang, storage bisa dibagi berdasarkan fungsi area didalam gudang. misalkan area barang baik, barang bs, barang damage.

5. Picking (Pengambilan).
    Kegiatan pengambilan barang dari area sesuai picking list dan di tempatkan ke packing area. yang perlu diperhatikan adalah aturan FIFO (First In First Out).

6. Shipping (Pengepakan, Pengemasan).
    Kegiatan ini adalah pengepakan barang dari picking area sesuai packing list. kemudian dinaikan kekendaraan pengangkut (loading).
Posted by Shanto Labels:

0 comments: