Tuesday, February 7, 2017 at 5:53 AM | 0 comments
Adalah pengelolaan wilayah penjualan yang sudah di petakan sesuai situasi
dan kondisi yang ada.

Manfaat dari Seles Territory yang sudah di petakan :

1. Area pengcoveran yang lebih baik.
2. Perusahaan dapat mengestimasikan biaya dengan tepat.
3. Meningkatkan pelayanan melalui sales force ke outlet.
4. Penilaian prestasi dan kinerja yang lebih akurat.
5. Sebagai daya saing perusahaan.


Dasar dalam merancang Sales Territory:

1. Potensi Wilayah
   Membagi teritory berdasarkan kontribusi omset dan penghasilan Sales.
   Parameter sebagai patokan adalah batas geografis, jumlah penduduk, jumlah
   outlet, data yang ada ( omset outlet per area, per distrik, effective call)

2. Beban kerja Sales
   Maximum outlet yang harus dikunjungi oleh sales force dalam 1 hari untuk wilayah
   yang di percayakan dengan memperhatikan jarak tempuh, menunggu pelanggan,
   persentasi produk, collection dll.

3. Jarak Tempuh
   Memperhatikan jarak tempuh untuk setiap sales force.

4. Kondisi Geografis
   Memperhatikan kondisi hambatan/halangan geografis dan kondisi yang lain.

5. Monitoring dan Kontrol Territory
   - Melakukan kontrol berjenjang misal : ASS, ASM dan RSM.
   - Join Visit dengan sales force.

Posted by Shanto Labels:
Monday, February 6, 2017 at 4:40 AM | 0 comments

Adalah Jadwal kunjungan sales force ke outlet yang telah di petakan. Tujuannya adalah
  1. Outlet mendapatkan kepastian kapan outlet tersebut akan dikunjungi.
  2. Outlet mampu menyiapkan modal kerja untuk pembelian produk dan untuk pembayaran hutang.
  3. Pola kunjungan ke outlet tersusun dengan baik.
Dalam menentukan pola kunjungan setiap outlet biasanya ditentukan oleh volume pembelian, yang akhirnya akan ditentukan kunjungannya apakah monthly, bi-weekly, weekly atau daily. Dan PJP akan di evaluasi kembali minimal 3 bulan sekali
Posted by Shanto Labels: